29 April 2014

Photoshop : Membuat Efek Teks Plastik Mengkilap

Pada kesempatan kali ini D-Bayou akan membagikan tutorial singkat "Membuat Efek Teks Plastik Mengkilap" di Photoshop. Dari Pada terlalu lama langsung saja kita kerjakan.

Disisni kita akan pelajari cara cepat dan mudah untuk membuat teks plastik reflektif di Photoshop dari awal. Tiga gaya lapisan akan dikombinasikan untuk mencapai efek ini. Saya juga akan mengeksplorasi mode blending dan penggunaannya secara efektif untuk mencapai efek jenis ini dengan gaya lapisan.



Langkah 1 

Buka file baru di Adobe Photoshop dengan pengaturan berikut.


Langkah 2 

Pilih Type Tool (T) dan di Option Bar pilih Arial Black, 325 pt, halus. Kemudian ketik kata "PSD" dalam huruf kecil. 


Langkah 3 

Ubah tool ke Move Tool (V). Kemudian pada palet layer klik kiri pada layer background untuk menargetkan lapisan itu. Sekarang tekan pergeseran dari keyboard dan klik kiri pada Type lapisan. Tombol keselarasan akan aktif di bar Option ketika lebih dari satu lapisan dipilih. Kemudian klik pada tombol Vertikal dan Horizontal Center Pusat ke pusat menyelaraskan jenis lapisan. 



Langkah 4 

Buat layer baru dengan mengklik tombol Create a new layer di bawah palet Layer dan isi dengan warna putih. Targetkan kedua layer baru dan jenis layer dengan menggunakan metode pergeseran klik. Kemudian gunakan Menu> Layer> Merge Layers untuk menggabungkan mereka ke dalam satu layer. 


Langkah 5 

Untuk menciptakan efek teks plastik mengkilap reflektif kita membutuhkan jenis sudut wajah bulat tebal atau chunky. Karena tepi bulat menangkap cahaya lebih dari sudut tepi. Tapi tepi Arial Black adalah sudut tidak bulat. Jadi, mari kita mempelajari teknik yang cepat dan mudah untuk mengubah tepi dari ujung ke putaran. Pertama pada "PSD" lapisan dengan menerapkan Filter> Blur> Gaussian Blur (Radius: 8 px). 


Langkah 6 

Kemudian pada layer yang sama Image> Adjustments> Levels. Di daerah Tingkat Input tarik Kiri (Shadow) Masukan Slider ke kanan dan kanan (Highlight) Slider Masukan ke kanan. Ini akan menghapus atau lebih tepatnya mengkonversi kawasan kabur yang dihasilkan abu-abu yang dihasilkan oleh Gaussian Blur dan ubah daerah itu menjadi hitam solid. Karena itu tepi sudut sekarang bulat. 


Langkah 7 

Pilih Magic Wand Tool (W) dan klik pada area hitam dari "PSD" lapisan untuk memilih teks hitam. Seleksi aktif, buat layer kosong baru di atas "PSD" lapisan dengan mengklik tombol Create a New Layer di bawah Palette Layer. Kemudian isi seleksi dengan 50% abu-abu dan juga mengubah nama lapisan sebagai "dasar gaya". Hapus dengan Select> Deselect atau tekan Ctrl + D


Langkah 8 

Anda dapat menghapus "PSD" lapisan karena kita tidak membutuhkannya lagi. Klik dua kali pada layer Background untuk mengubahnya menjadi lapisan normal (layer 0). Sekarang klik dua kali pada teks "Layer 0" dan rename menjadi "bg gradien". Kemudian klik dua kali pada "bg gradien" lapisan untuk membuka kotak dialog Layer Style. Pertama buat gradien Radial di Gradient Overlay dengan pengaturan berikut. 


Langkah 9 

Kemudian buat Inner Glow dengan pengaturan berikut. Ini akan membuat variasi tekstur Gradient Overlay


Langkah 10 

Target "gaya dasar" lapisan. Double klik di atasnya untuk membuka kotak dialog Layer Style. Mari kita mulai membangun Layer Style Plastic. Pertama di bagian Option Blending, kurangi Opacity Fill menjadi 0%. Ini akan membuat Style Plastic transparan


Langkah 11 

Kemudian untuk pengaturan penggunaan bagian Bevel dan Emboss dari bawah screenshot. Pada bagian Shading, untuk Highlight Mode pilih Linear Dodge untuk menyorot lebih kuat dari modus layar blending. Juga untuk Shadow Mode menggunakan Color Dodge untuk mensimulasikan di tepi cahaya teks melewati objek terlihat terang tembus. Di bawah Bevel dan Emboss adalah Contour of Bevel dan Emboss, yang pada dasarnya akan menentukan tepi atau bahu Bevel. Klik pada jenis Contour dan pilih tipe Gaussian.


Langkah 12 

Pengaturan Inner Glow. Perhatikan bahwa Darken sebagai Blend mode untuk menghasilkan Warna Campuran lebih Gelap.

Langkah 13 

Pengaturan Outer Glow. Blend Mode adalah Darker Color untuk menghasilkan warna yang lebih gelap campuran parsial.


Langkah 14 

Pengaturan inner Shadow. Berikut Blend Mode Multiply adalah untuk menghasilkan tepi luar sangat gelap.



Langkah 15

Turunkan pengaturan Shadow. Drop Shadow tidak menciptakan bayangan di sini. Tetapi untuk menciptakan cahaya terang yang lewat dari tepi objek tembus.


Langkah 16

Pengaturan Satin untuk membuat refleksi permukaan terang. Color Dodge sebagai Blend Mode membantu untuk melakukannya. Dalam penggunaan kontur Ring - Ganda untuk memperbanyak pantulan cahaya tapi untuk kehalusan, kurangi Opacity di bawah Blend Mode menjadi 15%.


Langkah 17 

Setelah selesai menyelesaikan gaya Plastik dasar.


Langkah 18 

Klik kanan pada "base style" layer dan pilih Duplicate Layer. Ubah nama layer duplikat sebagai "highlights sekunder". Double klik pada layer untuk membuka kotak dialog Layer Style dan hapus centang segala sesuatu selain Bevel dan Emboss dan Satin. Cocokkan bawah pengaturan.

Langkah 19 

Sekarang klik pada Satin Style dan gunakan pengaturan di bawah. Contour adalah Ring Ganda, tapi kali ini dengan opacity jauh lebih tinggi.


Langkah 20 

Setelah menyelesaikan layer "Highlights kedua" .


Langkah 21 

Gandakan layer "highlights kedua" dan ubah nama menjadi "highlights utama". Double klik pada layer untuk membuka kotak dialog Layer Style. Dalam Bevel dan Emboss sesuai dengan pengaturan di bawah.


Langkah 22 

Turunkan pengaturan Shadow. Hal ini untuk meningkatkan cahaya yang lewat dari tepi lebih tinggi.

Langkah 23 

Setelah menyelesaikan  layer "highlights utama" .

Langkah 24

 sekarang Efek Plastik telah selesai. Tapi mari kita perbaiki sedikit. Target layer "highlights utama" dan tekan Ctrl + Shift + Alt + E untuk membuat salinan lapisan digabung di atasnya. Rename menjadi "refleksi atas". Gandakan layer dan rename menjadi "refleksi permukaan". Tarik atau reposisi "refleksi permukaan" lapisan bawah "lapisan dasar". Kurangi opacity dari "refleksi permukaan" menjadi 20%. Sekarang target "refleksi atas" lapisan sampai 10% dan ubah modus untuk paduan Multiply. Di bawah ini hasilnya.

Langkah 25 

Buat layer baru dengan nama "cahaya" di atas layer "refleksi atas" dan dengan soft brush dan bintik-bintik warna putih (cahaya) di atas daerah highlight. Kurangi opacity ke 50%. Ketika bekerja dengan alat Brush jika Anda menekan tombol Alt, Brush tool akan berubah sementara ke alat pipet. Dengan modus tol pipet sementara pilih warna biru cerah dari daerah sorot langsung dan cat beberapa bintik-bintik biru cerah juga. Mengurangi "cahaya" opacity layer menjadi 50%. Berikut layer setelah menyelesaikan lukisan cahaya.

Langkah 26 

Buat Curve Adjustment Layer dengan mengklik tombol keempat dari kiri bawah Palette Layers. Pada jendela Curve buat s-curve atau kurva kontras untuk menyesuaikan kontras secara keseluruhan.

Langkah 27 

Sekarang targetnya layer "cahaya"  dan kurangi opacity menjadi 20%. Gandakan layer "cahaya" dan ubah nama "cahaya 2". Pindahkan layer ke atas dan ubah opacity menjadi 40%. Selamat, Transparan Efek Plastik sekarang lengkap.




Dan sekarang kita telah menyelesaikan Tutorial kali ini. Terima Kasih Telah Mengikuti Tutirial ini... :-) 

#teks 

#Photoshop

#bitmap

Artikel Terkait

Photoshop : Membuat Efek Teks Plastik Mengkilap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email